Hari Ozon Sedunia

Setiap 16 September, masyarakat dunia memperingati Hari Ozon sedunia. Peringatan ini bertepatan dengan tanggal penandatangan  Montreal Protocol On Subtances that Deplete the Ozone Layer.

Lapisan ozon terbentuk dari molekul – molekul ozon yang terkonsentrasi di bagian stratosfir pada ketinggian 15 – 60 km diatas permukaan bumi. Lapisan ini dapat menyerap radiasi ultra violet-B dari sinar matahari yang berbahaya bagi kehidupan.

Secara alamiah, molekul ozon terbentuk dan terurai melalui keseimbangan dinamis. Keberadaan bahan bahan kimia tertentu di stratosfir dapat mengganggu keseimbangan reaksi tersebut.

 

Apakah pengaruh penipisan lapisan ozon?

Penipisan lapisan ozon dapat mengancam kesehatan manusia dan kehidupan dibumi. Berkurangnya molekul ozon di stratosfir mengakibatkan fungsi penyerapan radiasi uv-B menjadi berkurang sehingga intensitas radiasi uv-B yang mencapai bumi akan semakin meningkat. Paparan radiasi uv-B yang berlebih terhadap manusia, hewan, tanaman dan bahan bahan bangunan dapat menimbulkan dampak negatif.

Pada manusia , radiasi uv-B berlebih dapat menimbulkan penyakit kanker kulit, katarak mata serta mengurangi daya tahan tubuh terhadap penyakit infeksi.

Pada tumbuhan, radiasi uv-B dapat menyebabkan pertumbuhan berbagai jenis tanaman menjadi lambat dan beberapa menjadi kerdil. Akibatnya hasil panen tanaman akan menurun serta tanaman hutan menjadi rusak.

Diperairan laut, intensitas radiasi uv-B yang tinggi dapat memusnahkan organisme kecil yang hidup dipermukaan air. Phytoplanton yang menjadi sumber utama rantai makanan organisme laut dapat musnah, sehingga menimbulkan pengaruh berantai terhadap kehidupan organisme laut.

 

Bahan apa yang dapat merusak lapisan ozon?

Hasil penelitian dan kajian ilmiah para ahli melaporkan : senyawa Chlorofluoro carbons(CFCs) penyebab kerusakan ozon sehingga disepakati untuk membatasi/mengurangi hingga menghapuskan secepatnya.

 

Untuk apa saja bahan perusak ozon digunakan?

Bahan kimia perusak ozon digunakan secara intensif oleh manusia pada berbagai kegiatan rumahtangga dan industri. Berbagai jenis Freon (CFC dan HCFC) digunakan sebagai bahan: pendingin dalam berbagai peralatan refrigerasi yaitu : kulkas, air condioner / penyejuk ruangan, ac mobil, dispenser air.

Sebagai bahan pengembang, CFC dipakai pada proses pembuatan kasur busa dan panel insulasi.

Penggunaan lainnya untuk bahan pendorong (propellant) dalam tabung spray kosmetika, obat, pelarut, pembersih logam, pemadam kebakaran dan pestisida untuk membasmi hama dalam tanah yang dapat mengganggu produktivitas hasil pertanian juga menggunakan CFCs

Kepedulian masyarakat tentunya berkontribusi pada keberhasilan program penghapusan bahan perusak ozon yaitu dengan menggunakan barang-barang yang digunakan ramah terhadap ozon (non CFC an ozon friendly) yang ada dipasaran.

Protocol Montreal dinilai sukses mencapai target yang hasilnya menurunnya bahan perusak ozon di atmosfer dan lapisan ozon diharapkan mengalami pemulihan sekitar pertengahan abad ini.

Tahun 2017 adalah 30 tahun Protocol Montreal peduli pada kehidupan dibawah matahari (30 years MP caring for all life under the sun)

Tema peringatan tahun 2017 : Ozone Layer Protection,The Mission Goes On.

 

 

15 September 2017

Melania Jakarta

Related Posts

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

22,038FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Recent Stories