Kelebihan – kelebihan Yang Terdapat Pada RA. Kartini

Raden Ajeng Kartini atau  R.A Kartini, beliau dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita kala ia hidup.

Mengenai Biografi dan Profil R.A Kartini, beliau lahir pada tanggal 21 April tahun 1879 di Kota Jepara, Hari kelahirannya itu kemudian diperingati sebagai Hari Kartini untuk menghormati jasa-jasanya pada bangsa Indonesia.,

Berikut ini  akan saya sampaikan pandangan saya tentang kelebihan kelebihan R.A Kartini

yang bisa kita teladani bersama.

 

Berjiwa sosial dan Penuh  Kasih sayang

Kartini juga sosok penyayang terutama kepada anak-anak perempuan didikannya. Ia bahkan pernah mengatakan kepada Nyonya Abendanon kalau ia akan selalu mengasihi anak-anak didiknya itu. Nah, ini sifat yang wajib banget dimiliki oleh para wanita, terutama wanita Indonesia yaitu mengasihi orang-orang di sekitar kita. Peka sama orang-orang yang membutuhkan di sekitar kita.

Ramah, Supel dan punya rasa kesopanan

Terbukti Kartini banyak disenangi banyak orang dan dihormati karena keramahannya  bahkan Kartini juga memiliki Teman wanita Belanda yaitu  Rosa Abendanon, dan Estelle “Stella” Zeehandelaar juga mendukung pemikiran-pemikiran yang diungkapkan oleh R.A Kartini  melalui surat surat yang di tulis Kartini

 

Patuh dan Menghormati  orangtua

Salah satu permintaan orangtuanya yang ia hormati adalah anak wanita tidak perlu sekolah tinggi-tinggi. Walau punya pemikiran sendiri, Kartini tetap menghormati orangtuanya. Ia enggak lantas membangkang dan ngambek atau bahkan kabur dari rumah. Tapi, pada akhirnya, ia bisa menemukan cara agar bisa mewujudkan mimpinya, kan? Kartini pernah dilarang oleh ayahnya untuk melanjutkan studinya untuk belajar di Batavia ataupun ke Negeri Belanda dan Kartini pun mematuhinya.

Setia

Kartini adalah seorang yang juga memiliki kesetiaan pada suaminya K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat yang merupakan seorang bangsawan dan juga bupati di Rembang yang telah memiliki tiga orang istri. Kartini setia sampai mati.  Dari pernikahannya dengan K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, R.A Kartini kemudian melahirkan anak bernama Soesalit Djojoadhiningrat yang lahir pada tanggal 13 September 1904, Namun miris, beberapa hari kemudian setelah melahirkan anaknya yang pertama, R.A Kartini kemudian wafat pada tanggal 17 September 1904 di usianya yang masih sangat muda yaitu 24 tahun. Beliau kemudian dikebumikan di Desa Bulu, Kabupaten Rembang.

Sabar

Dalam perjuangannya kartini banyak mendapat tantangan dan cemoohan dari banyak orang

Tetapi Kartini tetap sabar tidak lantas marah atau ngambek  tetapi tetap berjuang terus untuk mewujudkan cita citanya.

 

Rajin

Walau enggak sekolah yang tinggi, Kartini tetap berusaha agar ia bisa menjadi pintar dan berwawasan luas. Ia belajar lewat buku-buku dan suratkabar yang ia baca. Sifat rajin harus melekat sama para wanita. Enggak bakal rugi mempelajari dan mengetahui hal-hal baru yang bisa menambah wawasan kita.

 

Rendah Hati

Pasti kita tahu, dong, kalau Kartini itu adalah seorang bangsawan? Tapi… Walau orang terpandang, Kartini enggak mau diperlakukan berbeda dengan rakyat biasa. Ia tetap rendah hati dan enggak sombong dalam kehidupan sosialnya.

Optimis , Ambisius, Ulet dan Pantang Menyerah

Walau banyak hal yang menghalangi cita-citanya, Kartini tetap optimis dan berpikir positif. Ia enggak menyerah dan tetap fokus memperjuangkan hak perempuan untuk bisa memperoleh pendidikan yang sama. Kalau kita punya cita-cita tinggi, kita juga harus berjuang walau beberapa hal menghalangi impian itu. Kartini juga sangat ulet dan pantang menyerah dalam mewujudkan cita-citanya

 

Gigih dan  Berani

Selama kita berada di jalur yang benar, maksudnya enggak melakukan perbuatan tercela, kita harus memperjuangkan keinginan kita. Sama seperti Kartini yang enggak terpengaruh dengan anggapan orang bahwa wanita itu enggak boleh belajar. Ia tetap berani menunjukkan kegigihannya.

 

Cerdas  dan Pintar

Tenang… Dengan tekad yang kuat dan rajin, sifat yang satu ini pasti bakal muncul dengan sendirinya pada diri kita. Begitu juga dengan yang dialami Kartini. Awalnya, ia enggak tahu soal pengetahuan di sekitarnya, tapi karena terus berusaha dan semangat, Kartini bisa menjadi pintar dan bahkan menghasilkan pemikiran yang kemudian membawa perubahan bagi Indonesia.

Cinta Bangsa dan Tanah air

Kartini berjuang agar para wanita di negrinya (wanita pribumi) bisa  memiliki persamaan hak terutama hak untuk mendapatkan pendidikan  yang nantinya para wanita pribumi bisa turut serta memberikan sumbangan demim kemajuan bangsa dan tanah air tercinta ini.

Demikian pandangan saya mengenai  kelebihan kelebihan yang dimiliki oleh R.A Kartini yang bisa kita teladani bersama, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 

 

 

Jakarta, 21 April 2017

Cyrillus Ari Dwiwanta, S.Pd

 

Related Posts

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

22,038FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Recent Stories